Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Powered by Blogger.

Demi 5G, Eropa dan Korea Bersatu

KOMPAS.com - Teknologi internet mobile generasi keempat (4G) sudah di depan mata, akan tiba saatnya industri telekomunikasi mengadopsi internet mobile generasi kelima (5G). Dan, Eropa ingin tetap memimpin di garis terdepan.

Komisi Eropa pada Senin (16/6/2014) mengumumkan perjanjian kerjasama mengembangkan teknologi 5G dengan Korea Selatan, negara yang menjadi rumah bagi perusahaan teknologi Samsung dan LG.

Berdasarkan kerja sama itu, Eropa dan Korea Selatan "akan bekerjasama mencari definisi global tentang teknologi 5G." Keduanya juga mencoba untuk memanfaatkan spektrum frekuensi yang sama.

Bukan hanya itu, Eropa dan Korea Selatan bakal melakukan penelitian dan pengembangan terkait teknologi komputasi awan (cloud computing) dan teknologi lain yang berhubungan dengan internet.

Jaringan mobile di masa depan diproyeksi akan semakin memanfaatkan komputasi awan, dan karena itulah, perlu akses internet yang lebih cepat untuk menghubungkan pengguna dengan data yang disimpannya.

Komisaris bidang digital Komisi Eropa, Neelie Kroes, berpendapat bahwa 5G akan menjadi darah baru bagi ekonomi digital dan masyarakat digital. 

"Eropa dan Korea Selatan menyadari hal itu. Ini adalah pertama kalinya otoritas publik telah bergabung bersama dengan cara seperti ini, dengan dukungan dari industri swasta, untuk mendorong majunya proses standardisasi. Deklarasi hari ini merupakan komitmen kami untuk menjadi pemimpin digital secara global," katanya seperti dikutip dari GigaOm.

Perusahaan teknologi di negara lain tentu tak ketinggalan mengembangkan teknologi 5G dan mencari definisi atas 5G itu sendiri. Upaya pengembangan juga dilakukan oleh Huawei asal Tiongkok, NTT DoCoMo asal Jepang, hingga Intel dari Amerika Serikat.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Demi 5G, Eropa dan Korea Bersatu di blog Autum Fromatoz jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template